Riwayat Sepeda Lipat





Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat di lipat dan dirancang sesuai kebutuhan agar dapat disimpan dalam segala posisi di dalam rumah, kantor, ataupun tempat lainnya. Sepeda ini mulai terkenal karena kepraktisannya yang dapat di bawa kemana - mana.
Seli tak akan muncul jika sepeda tak diciptakan. Ahli sejarah mungkin tak akan pernah bisa mengidentifikasi kapan sepeda diciptakan. Beberapa orang mengklaim, Leonardo Da Vinci menciptakan sepeda berdasarkan sketsa yang ditemukan di Codex Atlanticus.
Meski sketsa ini dinyatakan palsu, Da Vinci masih disebut sebagai pencipta sepeda.Sebelumnya, terdapat beberapa ‘pra-sepeda’ (PS) yang diciptakan sebelum sepeda muncul. PS pertama mungkin adalah ‘celerifere’ yang dikembangkan orang Prancis bernama Mede de Sivrac pada 1790.
PS terdiri dari dua roda yang terhubung besi yang dirancang seperti kuda atau singa.Tak ada mekanisme menyetir atau pedal pada PS yang biasa digunakan untuk menghibur orang kaya ini.
Pada 1818, Baron Karl Von Drais dari Jerman menunjukkan ‘Draisienne’ di Paris namun PS ini masih tak memiliki pedal. Pada 1860, Ernest Michaux dan adiknya Piere menambahkan pedal pada roda depan dan disebut ‘Velocipede’.
Pada 1885 saat teknologi sepeda Inggris maju, ‘sepeda biasa’ muncul. Ada persaingan mengakui seli dan semuanya mendokumentasikannya dengan sangat meyakinkan.
Terdapat beberapa dokumen hak paten yang merujuk pada ‘tricycle’ dari 1880 dari perusahaan Bayliss Thomas di Inggris dan Pope Manufacturing Company di Amerika Serikat (AS).
Pria Inggris William Grout diyakini sebagai penemu seli di 1878 namun kemudian temuannya berupa roda depan lipat dan rangka yang bisa dibongkar membuatnya lebih dikenal sebagai sepeda ‘portabel’.
Pada 1980, dua peristiwa signifikan sejarah seli terjadi. Pertama, Andrew Ritchie mulai memproduksi seli Brompton di 1981.Kemudian di 1982, Dr David Hon mulai memproduksi seli Dahon pertama.
Kedua merek ini sangat terkenal hingga kini. Dahon menjadi pembuat seli terbesar dunia dengan penguasaan pasar 60%. Seli pertama Hon disebut ‘Da Bike’. Seiring waktu, popularitas seli makin dikenal terutama di Eropa, Asia dan kota besar AS.

Saat ini terdapat lebih dari 100 pembuat sepeda lipat dan jumlahnya terus bertambah. Kesimpulannya, sejarah sepeda lipat relatif nyata dan tak sepenuhnya komprehensif karena akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.
Sepeda Lipat tempo dulu                                                                                                                       Sepeda Lipat Masa Kini












sobat goes untuk bisa tau info mobil murah klik aja disni.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.